Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
Sutrisno Mulyo

Sutrisno Mulyo

Sutrisno Mulyo private blog, my diary

Memahami Anatomi Ginjal

Ginjal adalah organ yang menyerupai sepasang kacang dengan ukuran kepalan tangan. Terletak di belakang perut, satu di tulang belakang kanan dan yang lain di sebelah kiri. tugas ginjal yang berat dan penting, mulai dari penyaringan darah, membuang limbah metabolik dalam bentuk urine, mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh, dan mengatur keseimbangan garam tubuh atau elektrolit. Karena fungsinya sangat penting, hal ini juga penting bagi kita untuk mengenal anatomi ginjal yang lebih dalam. Biasa Ginjal Ginjal ukuran yang tepat dengan ginjal kiri tidak terletak pada ketinggian yang sama persis karena rongga perut berbentuk asimetris. Di perut kanan adalah hati sehingga posisi ginjal kanan lebih rendah dari ginjal kiri. Ukuran ginjal kanan juga lebih kecil dari ginjal kiri. Selain itu, ukuran ginjal pada pria dan wanita juga berbeda. wanita berat badan ginjal berkisar antara 115-155 gram, sedangkan berat sekitar 125-170 gram ginjal.

Namun pria, jangan meremehkan besarnya tinju organ saja. Meskipun hanya berukuran sekitar 10-13 cm, setiap ginjal adalah rumah bagi sekitar satu juta unit fungsional yang disebut nefron ukuran sangat kecil. Nefron adalah darah mikroskopis penyaring (filter). Ginjal struktur Anatomi Main di ginjal, ada dua struktur utama, yaitu di medula ginjal dan korteks ginjal luar. Di medula dan korteks membentang di sepanjang nefron, tetapi bagian penyaringan awal nefron terletak di korteks. Sebuah ginjal terdiri dari 8-18 lobus ginjal berbentuk kerucut, yang masing-masing membentuk bagian dari medula (piramida Malpighi) tertutup korteks. Di antara piramida ini, ada kolom atau kolom Bertin ginjal.Ujung setiap piramida, http://www.kaskus.co.id/ yang disebut papila, disajikan untuk mengirim urine untuk kaliks minor, yang mengarah ke kaliks utama, kemudian ke pelvis ginjal, kemudian tiba di kencing tersebut.channel SEMENTARA, nefron berfungsi untuk menghasilkan berurutan urine disusun oleh: corpus (tubuh), ginjal, yaitu kapsul Bowman dan glomerulus. glomerulus adalah jaringan kapiler darah filter.

Glomelurus dikelilingi oleh kapsul Bowman. Darah dari pintu masuk ke arteriol aferen glomerulus. Setelah disaring di glomerulus, darah memasuki eferen. Proksimal tubulus berbelit-belit terletak di korteks, mengontrol tingkat keasaman (pH) bahan disaring atau filtrat dan mensekresi asam organik, seperti kreatinin dan zat alkali lainnya ke filtrat. Hal ini terjadi di re-penyerapan zat penting yang dibutuhkan tubuh. descendens Henle (bawah). ascendens Henle (naik), yang terletak di medula dan menuju lengkung Henle ascendens tebal. Melengkung tahan air dan ion, kecuali natrium dan klorida yang dilintasi difusi. Henle ascendens tebal. Distal berbelit-belit tubulus, yang bertanggung jawab menyesuaikan pH, kalsium, natrium, dan kalium. Duktus pengumpul (duktus pengumpul) yang terbuka untuk papilla ginjal. Duktus pengumpul terdiri dari serangkaian tubulus dan tabung yang menghubungkan nefron ke ureter.

Mengingat anatomi kompleks untuk mendukung fungsi ginjal sangat penting bagi tubuh, sudah sepatutnya bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal. Banyak gangguan pada ginjal yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau hipertensi dan diabetes. Dalam beberapa kasus, penyakit ginjal yang terjadi dalam jangka panjang dapat berkembang menjadi gagal ginjal. Ketika ini terjadi, pasien mungkin memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal untuk menjaga ginjal kesehatan.Cara antara lain, dengan air yang cukup, makan makanan sehat yang meliputi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian (seperti gandum utuh), menjaga berat badan, menghindari merokok dan minuman beralkohol yang berlebihan, serta tekanan darah diperiksa secara teratur.

Share this post

Repost 0